Selasa, 02 Desember 2008

Potensi dan Peluang Pengembangannya

Jakarta merupakan kota terbesar di Indonesia yang merupakan sebuah kota pantai yang terletak di teluk Jakarta. Oleh karena itu salah satu potensi unggulan dari kota Jakarta adalah pemanfaatan sumberdaya dan jasa kelautan.
Adapun potensi yang dimiliki oleh kawasan Pantura Jakarta adalah :
  1. Lokasi/setting geografis Pantura terletak di utara Jakarta dengan kondisi lokasi yang saat ini memang memiliki potensi untuk menjadi suatu lokasi aktivitas perkotaan,mengingat jarak jangkauan yang ada dekat dengan CBD (central Business Distric) yang berada disekitar kawasan Monas,Hayam Wuruk , Pasar Baru, Senen dan Kemayoran.
  2. Luasan lahan reklamasi sebesar 2700 Ha ini sangat berhubungan dengan wilayah kerja daerah Kota Jakarta Utara, sehingga memiliki keterikatan dengan fasilitas umum yang sudah ada terlebih dahulu sebelum reklamasi ini dilakukan. Dengan demikian maka pembangunan bertahap yang akan dilakukan masih dapat didukung dan dioptimalkan oleh fasilitas umum serta utilitas public yang ada .
  3. Lokasi Pantura yang berada pada Teluk Jakarta berhadapan langsung dengan Kepulauan Seribu sehingga dapat mengurangi tingkat abrasi laut serta terpaan angin badai.
  4. Lokasi Pantura ini juga berada di daerah sediment dengan kelandaian kemiringan 0 – 3 % . Material permukaan dasar laut Teluk Jakarta umumnya berupa pasir,pasir berlumpur maupun pasir kerikil. Kondisi material semacam ini bila dipadukan dengan teknologi konstruksi pantai (coastal engineering) dapat memungkinkan untuk dilakukan reklamasi.
  5. Pantura memiliki landasan hukum yaitu :
  • Keppres N0.52 Tahun 1995 tentang Reklamasi Pantai Utara Jakarta.
  • Peraturan Daerah N0.8 Thn.1995 tentang Penyelenggaraan Reklamasi dan Rencana Tata Ruang Kawasan Pantura.
  • Surat Keputusan Gubernur KDKI Jakarta No.138 Thn 2000 tentang Tata cara penyelenggaraan Reklamasi Pantai Utara Jakarta.
6. Telah adanya beberapa pihak investor yang telah/sedang melaksanakan reklamasi.

Sedangkan Peluang yang ada adalah :

  1. Walaupun ekonomi Indonesia masih relative tertinggal namun kondisi saat ini menunjukkan kecenderungan adanya perbaikan ekonomi ,yang berdampak pada pulihnya industri properti baik pada segmen ruang untuk pusat perbelanjaan,perumahan baik untuk kalangan menengah keatas maupun untuk perumahan /rumah susun bagi rakyat/masyarakat kecil.
  2. Walaupun segitiga mas Jakarta,pusat perbelanjaan mangga Dua/ITC merupakan preferensi utama maka Pantura mempunyai prospek yang baik untuk menanamkan investasi bagi para investor.
  3. Dengan adanya kontribusi dari pihak investor kepada Pemerintah Daerah maka dapat dilaksanakan revitalisasi daratan Pantai Utara Jakarta tanpa membebani keuangan daerah.
  4. Dengan dilakukannya revitalisasi daratan pantai Utara Jakarta maka diharapkan dapat mewujudkan :
  • Peningkatan perekonomian masyarakat maupun tingkat pendidikan masyarakat terutama masyarakat nelayan di sekitar pantai utara Jakarta.
  • Perbaikan dan peningkatan kualitas kawasan lindung disekitar pantai untuk menjaga kelestarian fauna dan flora yang ada .
  • Penataan kembali pantai lama sebagai sarana rekreasi public.
  • d.Memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana dasar sumberdaya air termasuk sungai sungai yang bermuara pada pantai utara Jakarta serta pengendalian banjir.

Tidak ada komentar: